Apa itu ADHD remaja?
Attention
deficit hyperactivity disorder (ADHD) adalah salah satu gangguan kronis
paling umum yang mempengaruhi anak-anak usia sekolah. Penelitian saat ini menunjukkan tingkat prevalensi 3% -5% dengan
pria yang didiagnosis dengan gangguan ini dua setengah kali lebih sering
daripada wanita.
ADHD
digambarkan sebagai "gangguan neurobiologis umum yang ditandai oleh
tingkat ketidaktersediaan, hiperaktif, dan impulsif yang tidak sesuai
perkembangan." Penjelasan yang lebih akademis ditemukan di Diagnostik dan Statistik Manual, Edisi ke-5 (DSM-V). Buku pegangan gangguan kesehatan mental ini menunjukkan bahwa ADHD
ditandai sebagai "pola kurangnya perhatian dan / atau
hiperaktif-impulsif yang lebih sering dan lebih berat daripada yang
biasanya diamati pada individu dengan tingkat perkembangan yang
sebanding."
Manifestasi ADHD dapat dibagi menjadi tiga presentasi:
sangat tidak peduli,
terutama hiperaktif / impulsivitas, dan
presentasi gabungan.
Awalnya dianggap "kekeringan" pada masa dewasa, penelitian saat ini
menunjukkan bahwa sekitar 60% -80% pasien yang didiagnosis sebagai anak
akan memenuhi kriteria diagnostik selama masa remaja dan dewasa.
Faktor risiko dan penyebab ADHD pada remaja
ADHD adalah gangguan fungsi neurokognitif tanpa penyebab tunggal. Penelitian
saat ini menggunakan teknik neuroimaging yang kuat (misalnya, MRI
fungsional) dan telah mengembangkan hipotesis menarik dari disfungsi
neurokimia otak sebagai penyebab perilaku ADHD. Wilayah
otak merasa bertanggung jawab untuk fungsi eksekutif, pemecahan
masalah, serta mencari tujuan dan impulsif dapat berfungsi secara
berbeda pada individu dengan ADHD bila dibandingkan dengan mereka tanpa
diagnosis.
Menariknya,
wilayah otak yang tidak merasa terkait dengan perilaku ADHD mungkin
juga berbeda ketika individu dengan ADHD dibandingkan dengan orang yang
tidak mengalami gejala ADHD. Sementara
teori-teori ini mungkin memiliki implikasi penelitian yang menarik,
pendekatan yang lebih konvensional menggunakan evaluasi kesehatan mental
dan pemeriksaan fisik menyeluruh dalam menentukan diagnosis ADHD dan
menyediakan program pengobatan yang rasional. Ada bukti jelas dari kecenderungan turun temurun terhadap ADHD. Anak-anak dengan ADHD lebih cenderung memiliki orang tua atau saudara kembar nonidentik dengan diagnosis yang sama. Kemungkinan yang lebih tinggi ada ketika mempertimbangkan kembar identik.
Bagaimana profesional perawatan kesehatan mendiagnosis ADHD pada remaja? Apakah ada tes ADHD?
Dasar untuk menegakkan diagnosis ADHD adalah demonstrasi gejala yang dirinci dalam kriteria DSM-V. Mengumpulkan informasi dari orang tua dan guru sangat penting. Berbagai skala penilaian (misalnya, Timbangan Connors) bersifat obyektif dan efisien untuk diselesaikan. Bagian
dari evaluasi untuk seorang individu untuk kemungkinan ADHD melibatkan
pencarian menyeluruh untuk gangguan kesehatan mental terkait (tetapi
bukan penyebab) lainnya termasuk (tetapi tidak terbatas pada) gangguan
belajar, gangguan suasana hati, dan banyak lagi. Menurut definisi, sangat penting untuk mengecualikan penyebab lain dari kompleks gejala ADHD. Payung ini mungkin termasuk
efek samping obat,
masalah medis (seperti fungsi tiroid hiperaktif),
defisiensi mental, dan
gangguan kejiwaan (misalnya, depresi, kecemasan, penyalahgunaan zat, gangguan stres pasca trauma).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar